Jumat, 21 November 2014

This Web is Under Construction

Sudah terhitung dua hari semenjak saya mengganti template dari blog ini. Kalau diingat-ingat, ini adalah template yang ke-tiga untuk blog saya, dimana template pertama saya menggunakan template original dari google yang saya modifikasi kode htmlnya, template kedua bertajuk template dinamis, dimana tampilannya serba-serba putih dan simpel, dan template ketiga ini adalah template yang saya peroleh dari web yang saya modifikasi lagi(nama templatenya kalo ga salah LingonBerry).


Kenapa harus ganti template lagi? Jadi begini, sudah lebih dari setahun dimana template dinamis saya gunakan. Dalam perhitungan yang normal, tentu satu tahun bukanlah waktu yang sebentar. Artinya, lebih dari setahun setiap saya mengakses blog, saya terus melihat tampilan template blog yang sama. Disisi lain, merubah template dari blog juga sebenarnya bisa menambah minat bagi si penulis blog untuk kembali menulis di dalam blognya...Yah, kan sesuatu yang something new gitu, hehehe..

Masalah mulai muncul ketika template yang saya download ternyata memiliki fitur-fitur yang tidak saya butuhkan, seperti tombol share sosial media, tombol gulir, dan header yang bentuknya terlalu sederhana. Khusus bagi template yang bukan asli buatan google (maksudnya di download dari third party), pengeditan template tidak bisa dilakukan secara On-Live. So, saya terpaksa harus mengedit templatenya lewat pengeditan HTML.    

Lebih dari 2000 script baris HTML saya baca satu persatu untuk mengulas tentang bagian mana yang harus dihapus, dimodifikasi, dan diganti. Kalau status saya sebagai seorang web designer tentu ini bukan perkerjaan yang sulit. Tapi, bagaimanapun juga saya hanyalah manusia dan mahasiswa biasa yang pernah belajar HTML sekedar lewat Notepad, itupun 3 tahun yang lalu. Akhirnya lebih dari 12 jam waktu yang saya butuhkan untuk menampilkan template yang nampak seperti saat ini.

But, secara keseluruhan, saya merasa senang dengan hasil yang diperoleh..:)







Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Up ↑

Desain oleh Anders Noren | Diberdayakan oleh Blogger | M.A